Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid -19) di Kejati Kalbar

Sharing is caring!

whatsapp-image-2020-03-19-at-09-03-26-1

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Dr. Jaya Kesuma, S.H., M.Hum. membuka acara Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid – 19) di Aula Kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Rabu (18/03).

Narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid – 19) ini disampaikan oleh dr. Purwitasari Aquarini dari Dinas Kesehatan.

Dalam Penjelasannya yang di sampaikan oleh narasumber bahwa : “Virus corona atau coronavirus (CoV) merupakan keluarga virus yang menaungi virus SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002, dan MERS-CoV pada 2012”.

Kata corona sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota dan nama ini diberikan karena bentuk virus corona menyerupai mahkota, sedangkan penyakit yang disebabkan terinfeksi SARS-CoV-2 disebut Covid-19, yang merupakan akronim dari coronavirus disease 19.

whatsapp-image-2020-03-19-at-09-03-27-3

Ciri-ciri virus corona hampir mirip dengan gejala flu, di antaranya:

Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius

Batuk kering

Lemas

Sakit tenggorokan

Sesak atau kesulitan bernapas

Sakit kepala

Namun, masa inkubasi virus ini sekitar 14 hari. Berarti, bisa jadi Anda memiliki virus tersebut hingga 14 hari sebelum Anda menyadari gejalanya. Jika Anda memiliki gejala seperti yang tercantum di atas dalam fase 14 hari, segera periksakan diri Anda.

Virus corona bersifat zoonotik, ini berarti virus pertama kali berkembang di hewan sebelum akhirnya menyerang manusia. Ketika sudah menginfeksi manusia, penyebaran virus corona dapat melalui droplet pernapasan.

Percikan batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi virus corona akan menempel di permukaan benda atau kulit manusia, sehingga virus akan berpindah ketika manusia menyentuh benda atau melakukan kontak fisik dengan manusia lainnya.

Untuk melindungi diri sekaligus menahan penyebaran virus corona, Anda dapat melakukan hal-hal berikut, yaitu:

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak bisa mencuci tangan, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut sebelum Anda membersihkan tangan

Jangan keluar rumah jika Anda merasa kurang sehat atau memiliki gejala flu

Hindari atau batasi kontak fisik dengan orang lain. Jika memungkinkan, usahakan berada pada jarak setidaknya satu meter dengan orang lain

Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau siku bagian dalam ketika batuk atau bersin. Jika Anda menggunakan tisu, segera buang tisu Anda

Bersihkan barang-barang yang sering Anda gunakan dengan disinfektan, seperti gawai atau handphone, laptop, meja, dan lainnya

Terapkan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan, olahraga, serta hindari begadang untuk menjaga kekebalan tubuh Anda

Hingga saat ini, belum ada vaksin atau obat untuk menyembuhkan Virus Corona.

 Para peneliti dari berbagai belahan dunia masih berinovasi dan ujicoba menemukan vaksin atau obat yang tepat.

JADI SELALU WASPADA DAN JAGA POLA HIDUP SEHAT DAN PERHATIKAN INTERAKSI”.

Kegiatan ini dihadiri seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, pegawai Honorer, Pengawai Keamanan Dalam dan seluruh pekerja kebersihan di lingkungan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat. (gst).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.