Kejati Kalbar Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke – 71 Tahun 2019

Sharing is caring!

img_0398

Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke – 71 Tahun 2019 di halaman kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat. Kamis pagi (19/12).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Ade Tajudin Sutiawarman, S.H., M.H.

Dalam sambutan amanat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional yang dibacakan oleh Wakajati Kalbar selaku Inspektur Upacara menyampaikan : “Semenjak MR. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukit Tinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara. Berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti, untuk menunjukan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya”.

“Dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan perperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat . Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI”.

“Aksi nasional bela negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur”.

Upacara berlangsung dengan khidmat, dihadiri oleh Para Asisten, Kabag Tata Usaha, Para Koordinator pada Kejati Kalbar dan seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat. (gst)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.