Tim Penkum Kejati Kalbar Laksanakan Penerangan Hukum Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SMA Negeri 3 Pontianak

img_2491Tim Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat melaksanakan Penerangan Hukum Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Pontianak, Kamis (30/3/2017).

Kasi Penkum mengatakan bahwa Kegiatan JMS yang dilaksanakan tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Jaksa Agung R.I. yang bertujuan untuk membangun sistem hukum dan kesadaran hukum sejak dini sehingga bisa menciptakan generasi muda sadar hukum.

Kita ketahui bersama banyak generasi muda yang masih usia sekolah yang terlibat dalam masalah hukum yang seperti tawuran, minuman keras, pemerkosaan, penganiayaan, pencurian, nakotika dan obat-obat terlarang dll. Ini tidak baik, ini hanya akan merusak masa depan generasi muda sebagai generasi penerus dan tulang punggung bangsa dan Negara Indonesia, oleh karena itu jauhi dan jangan terlibat dalam hal-hal tersebut, tegasnya.

img_2512

Kegiatan ini medapatkan sambutan yang begitu antusias dari sekitar 45 orang siswa yang hadir yang merupakan perwakilan setiap kelas maupun organisasi siswa yang ada di SMA Negeri 3 Pontianak.

Pada saat sesi tanya jawab, siswa menanyakan langsung tentang permasalahan-permasalahn hukum yang telah terjadi yang mereka baca media cetak dan media online maupun disaksikan lewat tayangan televisi.

Ada yang menanyakan tentang kasus kecil seperti pencurian sandal jepit yang sampai ke pengadilan sedangkan ada kasus-kasus besar yang seakan-akan di abaikan, ada yang menanyakan tentang orang Indonesia yang melakukan kejahatan di luar negeri, ada yang menanyakan tentang kasus yang tergolong penganiayaan dan kekerasan dalam rumah tangga, ada yang menanyakan tentang pungutan liar apakah termasuk kategori tindak pidana korupsi, bahkan ada menanyakan tentang eksekusi mati terpidana narkotika apakah tidak melanggar HAM serta kasus-kasus lainnnya.

img_2501

Kasi Penkum memberikan apresiasi terhadap semua pertanyaan tersebut dan mengatakan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat baik dan berbobot kemudian menjawab secara terperinci semua pertanyaan tersebut satu demi satu sehingga setiap siswa yang telah bertanya merasa jelas dan puas.

Di akhir acara, Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Pontianak menyampaikan terima kasih kepada Tim yang telah melaksanakan Penerangan Hukum di SMA Negeri 3 Pontianak dan merespon baik kegiatan ini.