Jaksa Agung Meresmikan Gedung Baru Kantor Kejati Kalbar

Pontianak, Jaksa Agung RI H.M. Prasetyo akhirnya meresmikan gedung baru Kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat pada hari Selasa (24/01/2017) sekitar pukul 09.00 WIB. Jaksa Agung yang didampingi oleh Jaksa Agung Muda Pembinaan yang juga menjabat sebagai Plt. Wakil Jaksa Agung dan Jaksa Agung Muda Intelijen serta Jajaran Kejaksaan Agung RI disambut langsung oleh Kajati Kalbar Warih Sadono, Gubernur Kalbar Cornelis, Wagub Christiandy Sanjaya, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol. Joko Irianto, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Achmad Supriyadi dan sejumlah tamu undangan yang merupakan perwakilan Forkopimda dan Kepala Daerah di 14 Kabupaten/Kota se-Kalbar.

Ritual potong omponk juga dilalui oleh Jaksa Agung H.M. Prasetyo, yang juga disambut meriah dengan acara adat Melayu dan Dayak serta tarian selamat datang Cidayu dari puluhan penari yang menyimbolkan pluralisme di Kalbar.

Dalam sambutannya Gubernur Kalbar Cornelis menyampaikan sejumlah sejarah berdirinya gedung baru Kantor Kejati Kalbar ini.

“Saya sering di demo, karena ini dulu bangunan tempat sejumlah organisasi seperti Legiun Veteran dan lainnya. Namun karena melihat lokasi Kantor lama Kejati Kalbar yang masuk ke dalam dari Jalan Utama (Jalan Protokol), saya ingin ada perubahan, dan saya setuju jika dibangun berderet antara rumah jabatan Gubernur dan Kapolda, dan juga Kepala BI serta Pangdam. Ini semua agar koordinasi semakin mudah,” katanya.

Sementara itu, Jaksa Agung H.M. Prasetyo mengatakan, pihaknya sungguh bangga melihat kinerja Kejati Kalbar dan Pemprov Kalbar.

Saya berharap, bangunan baru yang megah ini bisa menumbuhkan semangat kerja para Jaksa di sini, dan menjadi pilar penegakan hukum yang bersih ke depannya,” katanya.

Selain itu Jaksa Agung H.M. Prasetyo juga menyampaikan terkait tindak pidana korupsi.

“Penegakan hukum terhadap pidana korupsi juga menjadi tujuan utama di Kejaksaan, untuk itu seluruh jajaran Kejaksaan saya perintahkan untuk terus mengawal seluruh pembangunan lewat TP4D,” ujarnya.

Setelah peresmian, Jaksa Agung beserta rombongan langsung meninjau gedung baru Kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, kemudian melakukan ceramah tentang arah dan kebijakan penegakan hukum dalam pembangunan nasional di tengah dinamika lingkungan strategis global yang dilaksanakan di Aula Kantor Kejati Kalbar.